Rabu, 25 November 2015

6 Tips memilih distro atau varian Linux


tips memilih distro linux dengan baik

Linux merupakan Operasi Sistem Komputer dengan lisensi Open Source artinya bebas di distribusikan tanpa dikenakan biaya kecuali biaya jasa seperti jasa burning ke dalam CD, dan lain-lain. Semakin hari perkembangan Linux di seluruh penjuru dunia sehingga banyak distro atau varian Linux yang bisa kita pakai. Akan tetapi hendaknya jangan sembarangan memilih distro Linux, apalagi bagi seorang pemula karena berbeda dengan sistem operasi seperti Windows yang cukup simple dalam pengoperasiannya, Linux diperlukan sedikit pengetahuan untuk mengoperasikannya. Berikut ada beberapa pegangan atau acuan untuk memilih begitu banyaknya distro/varian Linux yang ada hingga sekarang ini.

Tips memilih Distro Linux secara bijak


1. Ketersediaan
Kemudahan bagaimana cara mendapatkan distro yang diinginkan, entah itu membeli atau meminjam. Baik membeli di toko komputer terdekat atau malah meminjam CD Installernya.

2. Popularitas
Sebagai seorang pemula pasti ingin mencoba tampil beda dari teman-temannya. Untuk itu ada baiknya dalam memilih varian Linux anda berbeda dengan varian Linux yang digunakan oleh teman-temanmu. Tetapi sebelum memilih distro Linux yang berbeda dengan lingkungan sekitar anda, coba pikirkan jika pada suatu saat nanti ada masalah dengan distro yang sudah anda pilih sementara tidak ada teman dilingkungan anda yang memakai distro yang sama, maka anda akan cukup kerepotan. Walaupun sebenarnya sudah banyak forum online, tetapi setidaknya jika anda bisa sharing secara offline akan lebih bermanfaat. Jadi jika anda ngotot ingin memakai distro Linux yang berbeda dengan Lingkungan sekitar anda ikutlah bergabung dengan forum online atau Mailing list sesuai distro yang anda pakai.

3. Kemudahan
Kemudahan pengoperasian adalah mutlak yang harus dipertimbangkan khususnya bagi seorang pemula. Jika kita akan menjadikan Linux sebagai Primary Operation System kita, maka ppilihlah Linux yang memberikan kemudahan segalanya, baik kemudahan dalam instalasinya, kemudahan mendapatkan repository-nya maupun kemudahan dalam pengoperasiannya. Salah satu distro yang memberikan kemudahan interface atau user friendly adalah Ubuntu.

4. Dukungan
Pilihlah distro yang tersedia dukungan teknis maupun dukungan non teknis lainnya. Memang secara umum semua distro Linux mempunyai dukungan teknis karena hampir semua distro linux yang ada mempunyai komunitas sendiri-sendiri.Namun jika anda memakai distro Linux yang berbayar atau komersial maka dukungan teknis ataupun non teknis biasanya lebih baik.

5. Sesuaikan Distro Linux dengan spesifikasi Komputer kita
Lihatlah spesifikasi komputer atau spesifikasi hardware kita, jangan memilih distro yang membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi sementara spesifikasi PC kita tidak sesuai.Jika memori atau RAM kita kecil pilihlah distro yang tidak membutuhkan memori yang besar. Atau jika kartu grafis (VGA) kita pas-pasan pilihlah distro yang biasa saja, dan seterusnya.

6. Kesesuaian dengan kebutuhan

Kebutuhan disini maksudnya adalah tujuan anda menggunakan Linux. Misalnya hanya untuk Router saja, maka anda tidak perlu install distro secara komplet tetapi anda cukup menginstall distro yang khusus untuk keperluan ROuter, seperti RPL(Linux Router Project)

Sekian, semoga tips-tips memilih distro Linux diatas dapat memberi gambaran dan bermanfaat untuk anda terutama bagi anda yang ingin mencoba dan belajar OS Linux.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar