Senin, 21 September 2015

Mengenal Rukun Islam kelima yaitu Haji

Ibadah Haji

Ibadah haji adalah salah satu rukun islam dari kelima rukun islam lainnya yaitu  syahadat, shalat, zakat dan puasa. Jika anda beragama Islam maka Ibadah haji menjadi suatu kewajiban yang harus anda tunaikan jika syarat terpenuhi. Berikut adalah dalil kewajiban Haji bagi umat islam menurut Al-Qur'an :

 ( وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنْ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلا (سورة آل عمران: 97

"Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah." (QS. Ali Imran: 97)

Atau menurut Hadits :

Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا وَرَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

"Islam ditegakkan di atas lima perkara, per-saksian bahwasanya tiada Ilah yang sebenarnya selain Allah Subhanahu wa Ta'ala dan bahwasanya Muhammad adalah Rasul utusan Allah Subhanahu wa Ta'ala , menegakkan shalat, menunaikan zakat, mengerjakan ibadah haji ke Baitullah dan berpuasa di bulan Ramadhan." ( HR. Al-Bukhari dan Muslim) 

ibadah haji rukun islam yang kelima


Seperti halnya rukun islam lainnya yang sudah ditetapkan waktu pelaksanaanya, Haji juga sudah ditetapkan waktunya yaitu setahun sekali pada bulan Dzulhijjah. Adalah suatu hal yang aneh jika melaksanakannya diluar bulan Dzulhijjah, bukan hanya suatu keanehan akan tetapi ibadahnya juga tidak diterima sebagai Ibadah haji karena tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Jika rukun islam yang lain bisa dilaksanakan di mana saja, lain halnya dengan rukun islam yang satu ini yang tempat untuk melakukan ibadahnya sudah ditentukan yaitu di Mekah, Arab Saudi. Jika anda menemukan suatu bangunan yang menyerupai ka'bah, maka itu hanyalah sebuah bangunan tiruan yang digunakan untuk Manasik Haji yaitu peragaan Ibadah haji sebelum melaksanakan yang sesungguhnya.

Salah satu hikmah besar dari Ibadah Haji adalah untuk belajar ikhlas karena membutuhkan pengorbanan khususnya pengorbanan harta yang tidak sedikit. Sebaliknya menunaikannya bukanlah suatu ajang untuk pamer kekayaan ataupun untuk meraih gelar haji semata. Dimana sebagian besar sebuah tradisi di Indonesia nama akan berawalan "H" untuk laki-laki atau "Hj" bagi seorang perempuan yang sudah menunaikan Ibadah Haji. Dan bahkan panggilanpun juga akan berubah.

Sebagai umat islam hendaklah kita segera menunaikan Ibadah Haji jika syarat-syarat sudah terpenuhi. Atau minimal kita sudah berniat sedini mungkin dan berdo'a supaya kita bisa menunaikan rukun islam yang kelima ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar